BLOG INDUK : diklik
JURNAL PBM BHS. MADURA SD
KELAS 4 SEMESTER 1
(M.
Rasyad, guru SDN Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)
Sekolah : SDN Cenlecen 2 Kelas/Semester : IV / I
Tahun Pelajaran : 2012-2013
NO
|
TANGGAL
|
KE LAS
|
JAM KE
|
STANDAR
KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
KETERANGAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
|
|
BAB 1: PARIWISATA
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana,
melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda tokoh daerah, kebudayaan,
tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
1.1
Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara yang terdapat dalam bacaan.
|
• Membedakan berbagai bunyi / suara yang
terdapat dalam bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit dalam bacaan
• Mengartikan kata-kata sulit yang
ditemukan.
• Menyebutkan nama tokoh dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan dengan
cerita rakyat.
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4).
|
|
2
|
|
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau
yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab
pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
1.2
Menjelaskan isi gambar/bacaan.
|
• Melakukan dialog antara yang lebih muda dan
yang lebih tua dengan menggunakan kaidah bahasa madura.
|
...... x 1 jp
|
• Cerita bergambar
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
|
|
3
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
1.3 Membaca
nyaring dan lancar teks puisi / bacaan sesuai ejaan yang baku
(disempurnakan).
|
• Membaca puisi dengan baik dan benar.
• Melafalkan / menentukan kata-kata yang
mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Menyebutkan pangalemma angghutana
badhan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Referensi lain yang relevan.
|
|
4
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau
buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madura yang disempurnakan.
1.4 Menulis
kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis kata/kalimat dengan baik.
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam bahasa
madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
• Menulis pangangghuy sowara (petpet) dalam
carakan madura.
• Menulis pangangghuy panyeghek
(bisat, lajar, cekcek).
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Huruf carakan madura
|
|
5
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5
Mengumpulkan dan menulis
pantun Madura.
|
• Menyebutkan ciri-ciri pantun Madura.
• Menyebutkan macam-macam pantun Madura
• Membuat / mengumpulkan pantun Madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Referensi lain yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB 2: TOKOH
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan
wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda, tokoh daerah,
kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
2.1
Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Daerah”.
|
• Menceritakan kembali isi cerita dari suatu
bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit dalam bacaan.
• Mengartikan kata-kata sulit yang
ditemukan.
• Menyebutkan nama tokoh dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Gambar-gambar tentang tokoh daerah.
|
|
7
|
|
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya
serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman
dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
2.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.
|
• Menjelaskan isi gambar yang terdapat dalam
bacaan.
• Melakukan
dialog dg orang lain yg lebih
tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Cerita bergambar.
|
|
8
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
2.3
Membaca nyaring dan
lancar teks puisi/bacaan sesuai
ejaan yang baku (disempurnakan).
|
• Membaca teks bacaan dengan lancar dengan
intonasi yang benar.
• Mengungkapkan kembali isi bacaan.
• Menjawab pertanyaan isi bacaan.
• Memahami arti kata-kata sulit dalam
bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Referensi lain yang relevan.
|
|
9
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau
buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang disempurnakan.
2.4 Menulis
kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis surat dengan kata/kalimat
dengan baik.
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam bahasa
madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
• Menulis surat dengan kalimat yang baik.
• Menulis pangangghuy: pangkon, pedher,
perper, soko malja dalam carakan Madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Huruf carakan madura
|
|
10
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Mengungkapkan / membaca dan menulis
syair Madura.
|
• Melagukan syiir madura.
• Membuat secara sederhana syiir madura.
• Membuat / mengumpulkan syiir madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Referensi lain yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB 3: PERTUNJUKAN
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan
wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda, tokoh daerah,
kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
3.1
Mendengarkan cerita guru tentang
”Addhuan Sape”.
|
• Menceritakan kembali isi cerita dari suatu
bacaan.
• Menemukan kata-kata sulit dalam bacaan.
• Mengartikan kata-kata sulit yang
ditemukan.
• Menyebutkan macam-macam addhuan sape di
Madura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Gambar-gambar karapan sape dan sape sono’.
|
|
12
|
|
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya
serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman
dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
3,2 Mengadakan
dialog dengan orang lain /
menyebutkan kejadian-kejadian dan nama-nama pelaku dalam bacaan.
|
• Berdialog menggunakan bahasa madura yang
baik dan benar dengan teman sebaya.
• Berdialog dengan orang lain yang lebih tua
dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura dengan baik dan benar.
• Mengartikan kata-kata sulit dalam
bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Cerita gambar.
|
|
13
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
3.3 Membaca
nyaring dan lancar teks puisi/bacaan
sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).
|
• Membaca teks bacaan dengan lancar dengan
intonasi yang benar.
• Mengungkapkan kembali isi bacaan.
• Menjawab pertanyaan isi bacaan.
• Memahami kata-kata yg mengandung V, VK,
KVK, KKV, dan KKVK dalam bacaan.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Referensi lain yang relevan.
|
|
14
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang
didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang
disempurnakan.
3.4 Menulis
surat dengan kata / kalimat dengan baik, menulis carakan madura.
|
• Menulis kalimat-kalimat dalam bahasa
madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
• Menulis surat dengan kalimat yang baik.
• Menulis carakan Madura / menulis
kalimat-kalimat carakan madura yang menggunakan pangangghuy, dhek-adhek,
lengsa / longse.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Contoh surat.
|
|
15
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
3.5 Menggunakan
okara kakanten dalam kalimat.
|
• Memahami okara kakanten madhura.
• Membuat kalimat dengan menggunakan okara
kakanten Madhura.
|
...... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
4)
• Referensi lain yang relevan.
|
|
JURNAL PBM BHS. MADURA SD
KELAS 5 SEMESTER 1
Sekolah : SDN Cenlecen 2 Kelas/Semester : V / I
Tahun Pelajaran : 2012-2013
NO.
|
TANGGAL
|
KE LAS
|
JAM KE
|
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
KETERANGAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
|
|
BAB 1:
KEPENDUDUKAN
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
1,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang kependudukan.
|
• Membedakan berbagai bunyi dan
suara bahasa.
• Menyebutkan hal-hal yang
berkaitan dengan kependudukan.
• Melafalkan dengan baik dan
benar vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan dalam bacaan.
|
..... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kependudukan.
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
|
2
|
|
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi 4pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
1.2 Menjelaskan
isi bacaan.
|
• Menceritakan isi bacaan /
cerita guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan tentang kependudukan
• Menjelaskan arti kata-kata
sulit dalam bacaan.
• Menceritakan isi gambar secara
runtut sesuai gambar dengan menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar.
|
..... x 1 jp
|
• Cerita bergambar
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
|
3
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
1.3 Membaca lancar teks bacaan tentang kependudukan, membaca carakan
madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan/menentukan kata-kata
yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Membaca carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
4
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan
petunjuk guru.
1.4 Mengarang cerita bergambar, menyalin latin ke carakan madhura atau
sebaliknya.
|
• Menulis karangan melalui gambar
cerita secara runtut sesuai dengan kaidah bahasa madura.
• Menyalin latin ke carakan
madhura atau sebaliknya yang menggunakan bhangon ”pa” cerrek ban ”nga” lelet.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Huruf carakan madura.
|
|
5
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
1.5 Mengapresiasikan pantun dan syiir madura dan sastra madura modern.
|
• Menyebutkan ciri-ciri pantun
madura.
• Menyebutkan macam-macam
pantun madura.
• Membuat / mengumpulkan pantun
madura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB 2:
KERAJINAN
TANGAN
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang pahlawan.
|
• Membedakan berbagai bunyi dan
suara bahasa.
• Menyebutkan hal-hal yang
berkaitan dengan kepahlawanan.
• Melafalkan dengan baik dan
benar vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan dalam bacaan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kepahlawanan.
|
|
7
|
|
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
2.2 Menjelaskan
isi gambar.
|
• Menceritakan isi bacaan/ cerita
guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan
tentang kepahlawanan.
• Menjelaskan
arti kata-kata sulit dalam bacaan.
• Menjelaskan
hal-hal yang berkaitan dengan kepahlawanan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
|
8
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
2.4 Membaca lancar teks bacaan tentang kepahlawanan, membaca carakan
madhura.
|
• Membaca lancar teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan/menentukan kata-kata
yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Membaca carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
9
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis
beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan
bahasa Madhura yang disempurnakan.
2.4 Menulis latin dengan menggunakan oca’ lako, menyalin latin ke carakan
madhura atau sebaliknya.
|
• Membuat kalimat dengan
menggunakan oca’ lako.
• Memahami oca’ lako dalam bahasa
madura.
• Menyalin latin ke carakan
madhura atau sebaliknya.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
|
10
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
2.5
Mengapresiasi sastra madura modern.
|
• Mengekspresikan sastra
madura modern.
• Membaca dengan baik puisi
madura modern dengan intonasi dan mimik yang baik.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB 3:
KESEHATAN
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa vokal / konsonan
tajhem / alos yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang lingkungan.
|
• Membedakan dan melafalkan
dengan baik dan benar vokal / konsonsn alos, tajhem, dhammang, atau alos
berra’.
• Mengartikan kata-kata sulit
yang ditemukan dalam bacaan.
• Membedakan oca’ denotatif ban
oca’ konotatif.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Gambar-gambar yang berhubungan
dengan kesehatan.
|
|
12
|
|
|
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan
apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan
kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab / memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
3.2 Menyebutkan macam-macam kegiatan lingkungan.
|
• Menjelaskan arti dari kegiatan
lingkungan.
• Menyebutkan macam-macam
kegiatan lingkungan sehat.
• Membuat pertanyaan dengan
jawaban yang telah tersedia.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
|
13
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks
bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan.
3.3 Melakukan percakapan, menggunakan oca’ bilangan.
|
• Melakukan percakapan dengan
teman sebaya dengan menggunakan bahasa madura yang baik dan benar.
• Menggunakan oca’ bilangan dalam
sebuah kalimat.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
14
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan
petunjuk guru.
3.4 Mengarang dengan memilih judul karangan yang disediakan, menyalin
carakan madura.
|
• Mengembangkan sebuah karangan
dengan judul yang sudah disediakan.
• Menyalin tulisan carakan madura
yang menggunakan aksara rajana ghajang Na, Sa, Pa.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
|
|
15
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Mengartikan dan menggunakan parebhasan madhura.
|
• Mengartikan parebhasan madhura
dalam kehidupan sehari-hari.
• Menggunakan parebhasan madhura
dalam kehidupan sehari-hari.
• Membuat kalimat dengan
menggunakan parebhasan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura
(Sare Taman 5).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
JURNAL PBM BHS. MADURA SD
KELAS 6 SEMESTER 1
Sekolah : SDN Cenlecen 2 Kelas/Semester : VI / I
Tahun Pelajaran : 2012-2013
NO.
|
TANGGAL
|
KE LAS
|
JAM KE
|
STANDAR
KOMPETENSI /
KOMPETENSI
DASAR
|
INDIKATOR
|
ALOKASI
WAKTU
|
SUMBER
BELAJAR
|
KETERANGAN
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
|
|
|
|
BAB 1: KOMUNIKASI
|
|
|
|
|
1
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana,
melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan,
kesehatan, transportasi dan pendidikan.
1.1
Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang komunikasi.
|
• Membedakan berbagai bunyi bahasa secara
tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan
benar.
• Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
• Menuliskan struktur kalimat sempurna dan
tidak sempurna.
|
..... x 1 jp
|
• Gambar-gambar yang berhubungan dengan
komunikasi
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare
Taman 6).
|
|
2
|
|
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang
diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan
menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
1.2 Menjelaskan isi bacaan.
|
• Menceritakan isi bacaan / cerita.guru.
• Menjawab / memberi pertanyaan tentang
komunikasi.
• Menjelaskan arti kata-kata sulit
dalam bacaan.
• Melakukan percakapan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
|
|
3
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
1.3 Membaca
teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca
kalimat dalam carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik dan benar
sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan / menentukan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Membaca carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
4
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan
carakan madhura.
1.4 Menulis
kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik,
menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
• Menulis kalimat-kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka
madhura dengan baik
• Menulis carakan madhura.
• Menulis sorat onjhangan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
• Huruf carakan madhura.
|
|
5
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Menulis
bhangsalan sesuai petunjuk guru.
|
• Menulis
dengan baik kalimat dengan menggunakan
oca’ bhangsalan.
• membaca tembhang macapat madhura.
• Membuat/ mengumpulkan oca’ bhangsalan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
BAB 2: KERAJINAN TANGAN
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana,
melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan,
kesehatan, transportasi dan pendidikan.
2.1
Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru ttg komunikasi.
|
• Membedakan berbagai bunyi bahasa secara
tepat.
• Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan
benar.
• Membuat okara careta dan petanya.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
• Gambar-gambar yang berhubungan dengan
kerajinan tangan.
|
|
7
|
|
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang
diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan
menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
2.2Melakukan
percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
• Melakukan percakapan
• Menjelaskan arti kata-kata sulit.
• Menjawab pertanyaan dengan menggunakan
ondhagga bhasa enggi bhunten.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
|
|
8
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
2.3 Membaca
teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca
kalimat dalam carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik dan benar
sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan / menentukan kata-kata yang
mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
9
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan
carakan madhura.
2.5 Membuat
karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
• Membuat karangan dengan petunjuk guru
dengan baik.
• Menulis carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
|
|
10
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Melagukan
tembhang macapat (Maskumambang).
|
• Memahami istilah dalam tembhang macapat.
• Membaca / malagukan tembhang macapat
madhura dengan baik.
• Memahami isi tembhang macapat dengan baik.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
|
|
|
BAB 3: LINGKUNGAN SEHAT
|
|
|
|
|
11
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana,
melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, karajinan tangan,
kesehatan, transportasi dan pendidikan.
3.1
Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang komunikasi.
|
• membedakan berbagai bunyi bahasa secara
tepat yang terdapat dalam bacaan atau cerita guru.
• Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan
benar.
• Menyebutkan tempat-tempat yang berkaitan
dengan kesehatan.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
• Gambar-gambar yang berhubungan dengan
kesehatan.
|
|
12
|
|
|
|
2. BEBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang
diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan
menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
3.2 Melakukan
percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
• Melakukan percakapan / menceritakan
kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.
• Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam
teks percakapan.
• Menjawab pertanyaan dengan menggunakan
ondhagga bhasa enggi bhunten.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
|
|
13
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
3.3 Membaca
lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca,
membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
• Membaca teks bacaan dengan baik dan benar
sesuai dengan teknik-teknik membaca.
• Melafalkan / menentukan kata-kata yang
mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
• Membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman
6).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
14
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan
carakan madhura.
3.4 Membuat
karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
• Membuat karangan dengan petunjuk guru
dengan baik.
• Menulis carakan madhura.
|
..... x 1 jp
|
• Buku
pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
|
|
15
|
|
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Melafalkan
bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang
macapat, melagukan tembhang macapat (Maskumambang)
|
• Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan
benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang macapat.
• Membaca / melagukan tembhang macapat
madhura dengan baik.
• Memahami isi tembhang
macapat dengan baik.
|
..... x 1 jp
|
• Buku
pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
• Referensi lain yang relevan.
|
|
0 komentar:
Posting Komentar