Kamis, 16 Januari 2014

BLOG INDUK : diklik 
http://blograsyad.blogspot.com      (semua blog)
JURNAL PBM BHS. MADURA SD
KELAS 4 SEMESTER 1
(M. Rasyad, guru SDN Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)


Sekolah : SDN Cenlecen 2                                                                                                                    Kelas/Semester  : IV / I                                                        
Tahun Pelajaran : 2012-2013        
     
                                                                                                                       
NO
TANGGAL
KE LAS
JAM KE
STANDAR KOMPETENSI / KOMPETENSI  DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9





BAB 1: PARIWISATA




1




1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara yang terdapat dalam bacaan.


•   Membedakan berbagai bunyi / suara yang terdapat dalam bacaan.
•   Menemukan kata-kata sulit dalam bacaan
•   Mengartikan kata-kata sulit yang ditemukan.
•   Menyebutkan nama tokoh dalam bacaan.


...... x 1 jp


•   Gambar-gambar yang berhubungan dengan cerita rakyat.
•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4).

2




2.   BERBICARA
      Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
1.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.


•   Melakukan dialog antara yang lebih muda dan yang lebih tua dengan menggunakan kaidah bahasa madura.


...... x 1 jp


•   Cerita bergambar
•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)

3




3.   MEMBACA     
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
1.3 Membaca nyaring dan lancar teks puisi / bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).


•   Membaca puisi dengan baik dan benar.
•   Melafalkan / menentukan kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
•   Menyebutkan pangalemma angghutana badhan.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Referensi lain yang relevan.

4




4.   MENULIS      
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madura yang disempurnakan.
1.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis kata/kalimat dengan baik.


•   Menulis kalimat-kalimat dalam bahasa madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
•   Menulis pangangghuy sowara (petpet) dalam carakan madura.
•   Menulis pangangghuy panyeghek (bisat, lajar, cekcek).


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Huruf carakan madura

5




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Mengumpulkan  dan  menulis   pantun Madura.


•   Menyebutkan ciri-ciri pantun Madura.
•   Menyebutkan macam-macam pantun Madura
•   Membuat / mengumpulkan pantun Madura.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Referensi lain yang relevan.















BAB 2: TOKOH








6







1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
2.1 Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Daerah”.


•   Menceritakan kembali isi cerita dari suatu bacaan.
•   Menemukan kata-kata sulit dalam bacaan.
•   Mengartikan kata-kata sulit yang ditemukan.
•   Menyebutkan nama tokoh dalam bacaan.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Gambar-gambar tentang tokoh daerah.



7





2.   BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
2.2  Menjelaskan isi gambar/bacaan.


•   Menjelaskan isi gambar yang terdapat dalam bacaan.
•   Melakukan  dialog  dg orang lain yg lebih tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Cerita bergambar.

8




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
2.3 Membaca   nyaring  dan  lancar  teks puisi/bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).


•   Membaca teks bacaan dengan lancar dengan intonasi yang benar.
•   Mengungkapkan kembali isi bacaan.
•   Menjawab pertanyaan isi bacaan.
•   Memahami arti kata-kata sulit dalam bacaan.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Referensi lain yang relevan.

9




4.   MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang disempurnakan.
2.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis surat dengan kata/kalimat dengan baik.


•   Menulis kalimat-kalimat dalam bahasa madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
•   Menulis surat dengan kalimat yang baik.
•   Menulis pangangghuy: pangkon, pedher, perper, soko malja dalam carakan Madura.



...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Huruf carakan madura

10




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5  Mengungkapkan / membaca dan menulis syair   Madura.


•   Melagukan syiir madura.
•   Membuat secara sederhana syiir madura.
•   Membuat / mengumpulkan syiir madura.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Referensi lain yang relevan.














BAB 3: PERTUNJUKAN




11




1.    MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.
3.1 Mendengarkan cerita guru tentang  ”Addhuan Sape”.  


•   Menceritakan kembali isi cerita dari suatu bacaan.
•   Menemukan kata-kata sulit dalam bacaan.
•   Mengartikan kata-kata sulit yang ditemukan.
•   Menyebutkan macam-macam addhuan sape di Madura.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Gambar-gambar karapan sape dan sape sono’.

12




2.    BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
3,2  Mengadakan  dialog dengan orang  lain / menyebutkan kejadian-kejadian dan nama-nama pelaku dalam bacaan.


•   Berdialog menggunakan bahasa madura yang baik dan benar dengan teman sebaya.
•   Berdialog dengan orang lain yang lebih tua dengan menggunakan ondhagga bhasa madhura dengan baik dan benar.
•   Mengartikan kata-kata sulit dalam bacaan.



...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Cerita gambar.

13




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
3.3 Membaca nyaring dan lancar  teks puisi/bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).


•   Membaca teks bacaan dengan lancar dengan intonasi yang benar.
•   Mengungkapkan kembali isi bacaan.
•   Menjawab pertanyaan isi bacaan.
•   Memahami kata-kata yg mengandung V, VK, KVK, KKV, dan KKVK dalam bacaan.



...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Referensi lain yang relevan.

14




4.   MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang disempurnakan.
3.4 Menulis surat dengan kata / kalimat dengan baik, menulis carakan madura.


•   Menulis kalimat-kalimat dalam bahasa madura dengan menggunakan ejaan yang baku.
•   Menulis surat dengan kalimat yang baik.
•   Menulis carakan Madura / menulis kalimat-kalimat carakan madura yang menggunakan pangangghuy, dhek-adhek, lengsa / longse.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Contoh surat.

15




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
3.5 Menggunakan okara kakanten dalam kalimat.


•   Memahami okara kakanten madhura.
•   Membuat kalimat dengan menggunakan okara kakanten Madhura.


...... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 4)
•   Referensi lain yang relevan.

     
                                          
                                                                                                                                                           

                        
JURNAL PBM BHS. MADURA SD
KELAS 5 SEMESTER 1
 Sekolah : SDN Cenlecen 2                                                                                                                    Kelas/Semester  : V / I                                                        
Tahun Pelajaran : 2012-2013     

                                                                                                                                 
NO.
TANGGAL
KE LAS
JAM KE
 STANDAR KOMPETENSI /   KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9





BAB 1: KEPENDUDUKAN





1




1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
1,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang kependudukan.


•   Membedakan berbagai bunyi dan suara bahasa.
•   Menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan kependudukan.
•   Melafalkan dengan baik dan benar vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
•   Mengartikan kata-kata sulit yang ditemukan dalam bacaan.



..... x 1 jp


•   Gambar-gambar yang berhubungan dengan kependudukan.
•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).


2




2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi 4pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
1.2 Menjelaskan isi bacaan.


•   Menceritakan isi bacaan / cerita guru.
•   Menjawab / memberi  pertanyaan tentang kependudukan
•   Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan.
•   Menceritakan isi gambar secara runtut sesuai gambar dengan menggunakan kaidah bahasa yang baik dan benar.



..... x 1 jp


•   Cerita bergambar
•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).


3




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
1.3 Membaca lancar teks bacaan tentang kependudukan, membaca carakan madhura.


•   Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
•   Melafalkan/menentukan kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
•   Membaca carakan madhura.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Referensi lain yang relevan.

4




4.   MENULIS
Menulis kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan petunjuk guru.
1.4 Mengarang cerita bergambar, menyalin latin ke carakan madhura atau sebaliknya.


•   Menulis karangan melalui gambar cerita secara runtut sesuai dengan kaidah bahasa madura.
•   Menyalin latin ke carakan madhura atau sebaliknya yang menggunakan bhangon ”pa” cerrek ban ”nga” lelet.



..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Huruf carakan madura.


5




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
1.5 Mengapresiasikan pantun dan syiir madura dan sastra madura modern.


•   Menyebutkan ciri-ciri pantun madura.
•   Menyebutkan macam-macam pantun madura.
•   Membuat / mengumpulkan pantun madura.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Referensi lain yang relevan.














BAB 2: KERAJINAN    
             TANGAN




6




1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang pahlawan.


•   Membedakan berbagai bunyi dan suara bahasa.
•   Menyebutkan hal-hal yang berkaitan dengan kepahlawanan.
•   Melafalkan dengan baik dan benar vokal / konsonan alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
•   Mengartikan kata-kata sulit yang ditemukan dalam bacaan.




..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Gambar-gambar yang berhubungan dengan kepahlawanan.

7




2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
2.2 Menjelaskan isi gambar.


•   Menceritakan isi bacaan/ cerita guru.
•   Menjawab / memberi pertanyaan tentang kepahlawanan.
•   Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan.
•   Menjelaskan hal-hal yang berkaitan dengan kepahlawanan.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).


8




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
2.4 Membaca lancar teks bacaan tentang kepahlawanan, membaca carakan madhura.


•   Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
•   Melafalkan/menentukan kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
•   Membaca carakan madhura.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Referensi lain yang relevan.

9




4.   MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang disempurnakan.
2.4 Menulis latin dengan menggunakan oca’ lako, menyalin latin ke carakan madhura atau sebaliknya.


•   Membuat kalimat dengan menggunakan oca’ lako.
•   Memahami oca’ lako dalam bahasa madura.
•   Menyalin latin ke carakan madhura atau sebaliknya.



..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).


10




5.  APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
2.5 Mengapresiasi sastra madura modern.


•   Mengekspresikan sastra madura modern.
•   Membaca dengan baik puisi madura modern dengan intonasi dan mimik yang baik.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Referensi lain yang relevan.














BAB 3: KESEHATAN




11




1.  MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa vokal / konsonan tajhem / alos yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang lingkungan.


•   Membedakan dan melafalkan dengan baik dan benar vokal / konsonsn alos, tajhem, dhammang, atau alos berra’.
•   Mengartikan kata-kata sulit yang ditemukan dalam bacaan.
•   Membedakan oca’ denotatif ban oca’ konotatif.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Gambar-gambar yang berhubungan dengan kesehatan.

12




2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab / memberi pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
3.2 Menyebutkan macam-macam kegiatan lingkungan.


•   Menjelaskan arti dari kegiatan lingkungan.
•   Menyebutkan macam-macam kegiatan lingkungan sehat.
•   Membuat pertanyaan dengan jawaban yang telah tersedia.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).




13





3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
3.3 Melakukan percakapan, menggunakan oca’ bilangan.


•   Melakukan percakapan dengan teman sebaya dengan menggunakan bahasa madura yang baik dan benar.
•   Menggunakan oca’ bilangan dalam sebuah kalimat.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Referensi lain yang relevan.

14




4.   MENULIS
Menulis kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan petunjuk guru.
3.4 Mengarang dengan memilih judul karangan yang disediakan, menyalin carakan madura.


•   Mengembangkan sebuah karangan dengan judul yang sudah disediakan.
•   Menyalin tulisan carakan madura yang menggunakan aksara rajana ghajang Na, Sa, Pa.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).


15




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Mengartikan dan menggunakan parebhasan madhura.


•   Mengartikan parebhasan madhura dalam kehidupan sehari-hari.
•   Menggunakan parebhasan madhura dalam kehidupan sehari-hari.
•   Membuat kalimat dengan menggunakan parebhasan madhura.



..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 5).
•   Referensi lain yang relevan.



JURNAL PBM BHS. MADURA SD
KELAS 6 SEMESTER 1

Sekolah : SDN Cenlecen 2                                                                                                                    Kelas/Semester  : VI / I                                                        
Tahun Pelajaran : 2012-2013     
                                                                                                                                                                                     
NO.
TANGGAL
KE LAS
JAM KE
STANDAR KOMPETENSI /
KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
ALOKASI WAKTU
SUMBER BELAJAR
KETERANGAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9






BAB 1: KOMUNIKASI




1




1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.


•   Membedakan berbagai bunyi bahasa secara tepat.
•   Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar.
•   Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
•   Menuliskan struktur kalimat sempurna dan tidak sempurna.


..... x 1 jp


•   Gambar-gambar yang berhubungan dengan komunikasi
•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).


2




2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
1.2 Menjelaskan isi bacaan.


•   Menceritakan isi bacaan / cerita.guru.
•   Menjawab / memberi pertanyaan tentang komunikasi.
•   Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan.
•   Melakukan percakapan.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).


3




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


•   Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
•   Melafalkan / menentukan kata-kata yang mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
•   Membaca carakan madhura.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Referensi lain yang relevan.

4




4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


•   Menulis kalimat-kalimat  dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madhura dengan baik
•   Menulis carakan madhura.
•   Menulis sorat onjhangan.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Huruf carakan madhura.

5




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.


•   Menulis  dengan baik kalimat  dengan  menggunakan  oca’ bhangsalan.
•   membaca tembhang macapat madhura.
•   Membuat/ mengumpulkan oca’ bhangsalan.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Referensi lain yang relevan.















BAB 2:  KERAJINAN TANGAN




6




1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru ttg komunikasi.


•   Membedakan berbagai bunyi bahasa secara tepat.
•   Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar.
•   Membuat okara careta dan petanya.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Gambar-gambar yang berhubungan dengan kerajinan tangan.

7




2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
2.2Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.


•   Melakukan percakapan
•   Menjelaskan arti kata-kata sulit.
•   Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa enggi bhunten.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).



8




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
2.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


•   Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
•   Melafalkan / menentukan kata-kata yang mengandung vokal / konsonan alos atau tajhem.
•   Membaca kalimat dalam carakan madhura.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Referensi lain yang relevan.

9




4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
2.5 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


•   Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
•   Menulis carakan madhura.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).


10




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Melagukan tembhang macapat (Maskumambang).


•   Memahami istilah dalam tembhang macapat.
•   Membaca / malagukan tembhang macapat madhura dengan baik.
•   Memahami isi tembhang macapat dengan baik.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Referensi lain yang relevan.










3.



BAB 3:  LINGKUNGAN SEHAT




11




1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, karajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.


•   membedakan berbagai bunyi bahasa secara tepat yang terdapat dalam bacaan atau cerita guru.
•   Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar.
•   Menyebutkan tempat-tempat yang berkaitan dengan kesehatan.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Gambar-gambar yang berhubungan dengan kesehatan.

12




2.   BEBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
3.2 Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.


•   Melakukan percakapan / menceritakan kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.
•   Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam teks percakapan.
•   Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa enggi bhunten.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).


13




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
3.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


•   Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai dengan teknik-teknik membaca.
•   Melafalkan / menentukan kata-kata yang mengandung vokal/konsonan alos atau tajhem.
•   Membaca kalimat dalam carakan madhura.


..... x 1 jp


•   Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Referensi lain yang relevan.

14




4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
3.4 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


•   Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
•   Menulis carakan madhura.


..... x 1 jp


• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).




15





5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang macapat, melagukan tembhang macapat (Maskumambang)


•   Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang macapat.
•   Membaca / melagukan tembhang macapat madhura dengan baik.
•   Memahami isi tembhang macapat dengan baik.


..... x 1 jp


• Buku pelajaran Bahasa Madura (Sare Taman 6).
•   Referensi lain yang relevan.


    

0 komentar:

Posting Komentar