BLOG INDUK : diklik
PROGRAM
TAHUNAN
BHS.
MADURA
KELAS: IV
(EMPAT)
TAHUN
PELJ. 2012-2013
(M.
Rasyad, guru SDN Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)
PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BHS. MADURA
KELAS : IV
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
ALOKASI
WAKTU
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Semester
I
|
|
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 1 BAB 1: PARIWISATA
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: legenda tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
|
1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara yang terdapat dalam
bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali cerita
guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu
menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
|
1.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
|
1.3 Membaca nyaring dan lancar
teks puisi / bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis beberapa
kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa
Madura yang disempurnakan.
|
1.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis
kata/kalimat dengan baik.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
1.5 Mengumpulkan dan
menulis pantun Madura.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 2. BAB 2: TOKOH
1.
MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
|
2.1 Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Daerah”.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali
cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu
menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
|
2.2 Menjelaskan isi
gambar/bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
|
2.3 Membaca nyaring dan
lancar teks puisi/bacaan sesuai
ejaan yang baku (disempurnakan).
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis beberapa
kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa
Madhura yang disempurnakan.
|
2.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis surat
dengan kata/kalimat dengan baik.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
2.5 Mengungkapkan/membaca dan menulis syair Madura.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 3 BAB 3: PERTUNJUKAN
1.
MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
|
3.1 Mendengarkan cerita guru tentang
”Addhuan Sape”.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali
cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu
menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
|
3,2 Mengadakan dialog dengan
orang lain / menyebutkan
kejadian-kejadian dan nama-nama pelaku dalam bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
|
3.3 Membaca nyaring dan lancar
teks puisi/bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis beberapa
kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa
Madhura yang disempurnakan.
|
3.4 Menulis surat dengan kata / kalimat dengan baik, menulis carakan
madura.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
3.5 Menggunakan okara kakanten dalam kalimat.
|
Semester II
|
|
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 1 BAB 4: TRANSPORTASI
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: transportasi dan pendidikan.
|
4.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan
kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan
atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab/membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata
sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
|
4.2 Melakukan percakapan sesuai teks dan menceritakan kembali cerita guru
atau yang ada dalam buku bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, baik prosa, puisi dan
tembhang macapat dan carakan madhura.
|
4.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
|
4.4 Membuat karangan sesuai gambar
yang ada.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
4.5 Mengapresiasi tembhang macapat
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 2. BAB 5: PENDIDIKAN
1.
MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang: transportasi dan pendidikan.
|
5.1 Mendengarkan tembhang macapat
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan
kembali apa yang diceritakan guru diceriterakan temannya, dibaca, dirasakan
atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab/membuat
pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang
macapat.
|
5.2 Melakukan percakapan sesuai teks gambar dan menceriterakan kembali
cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca , baik prosa, puisi dan
tembhang macapat dan carakan madhura.
|
5.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar
sesuai teknik-teknik membaca.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madura.
|
5.4 Menyalin/mengarang puisi menjadi ghancaran (karangan bebas)
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan
karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
5.5 Mengapresiasi tembhang
macapat.
|
PROGRAM
TAHUNAN
BHS.
MADURA
KELAS: V
(LIMA)
TAHUN
PELJ. 2012-2013
PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BHS. MADURA
KELAS : V
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
ALOKASI
WAKTU
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Semester
I
|
|
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 1. BAB 1: KEPENDUDUKAN
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
|
1,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang kependudukan.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan apa yang
didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali
cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan
suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
|
1.2 Menjelaskan isi bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi
bacaan..
|
1.3 Membaca lancar teks bacaan tentang kependudukan, membaca carakan
madhura
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan
petunjuk guru.
|
1.4 Mengarang cerita bergambar, menyalin latin ke carakan madhura atau
sebaliknya.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
|
1.5 Mengapresiasikan pantun dan syiir madura dan sastra madura modern.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 2. BAB 2: KERAJINAN TANGAN
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
|
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan
dan cerita guru tentang pahlawan.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan apa yang
didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali
cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan
suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
|
2.2 Menjelaskan isi gambar.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
|
2.4 Membaca lancar teks bacaan tentang kepahlawanan, membaca carakan
madhura.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis beberapa
kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa
Madhura yang disempurnakan.
|
2.4 Menulis latin dengan menggunakan oca’ lako, menyalin latin ke carakan
madhura atau sebaliknya.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
|
2.5 Mengapresiasi sastra madura
modern.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 3. BAB 3: KESEHATAN
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.
|
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa vokal / konsonan
tajhem / alos yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang lingkungan.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan apa yang
didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali
cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab / memberi pertanyaan,
melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
|
3.2 Menyebutkan macam-macam kegiatan lingkungan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
|
3.3 Melakukan percakapan, menggunakan oca’ bilangan.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan
petunjuk guru.
|
3.4 Mengarang dengan memilih judul karangan yang disediakan, menyalin
carakan madura.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
|
3.5 Mengartikan dan menggunakan parebhasan madhura.
|
Semester II
|
|
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 1. TEMA 4: PERDAGANGAN
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
perdagangan dan teknologi sederhana.
|
4,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang perdagangan.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan apa yang
didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali
cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan
suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
|
4.2 Melakukan percakapan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca dan memahami
teks bacaan.
|
4.3 Membaca lancar teks dan
memahami bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri.
|
4.4 Mengarang cerita dengan memilih judul yang tersedia.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
|
4.5 Mengapresiasi/mengartikan oca’
bhangsalan.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 2. TEMA 5: TEKNOLOGI SEDERHANA
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui
mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang
perdagangan dan teknologi sederhana.
|
5.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang ”Bhatek Madura”.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Mengungkapkan apa yang
didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali
cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan
suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.
|
5.2 Melakukan percakapan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca dan memahami
teks bacaan.
|
5.3 Membaca lancar teks dan memahami teks bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis
kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri.
|
5.4 Menulis oca’ oba’an pada
kalimat.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
|
5.5 Mengapresiasi/
melagukan tembhang macapat.
|
PROGRAM
TAHUNAN
PROGRAM
TAHUNAN
BHS.
MADURA
KELAS: VI
(ENAM)
TAHUN
PELJ. 2012-2013
PROGRAM
TAHUNAN
MATA PELAJARAN : BHS. MADURA
KELAS : VI
TAHUN PELAJARAN : 2012/2013
ALOKASI
WAKTU
|
STANDAR
KOMPETENSI
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Semester
I
|
|
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 1. BAB 1: KOMUNIKASI
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana,
melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan,
kesehatan, transportasi dan pendidikan.
|
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi
dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang
komunikasi.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang
diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan
menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
|
1.2 Menjelaskan isi bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
|
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan
madhura.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan
carakan madhura.
|
1.4 Menulis kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan
madhura dengan petunjuk guru.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk
guru.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 2. BAB 2: KERAJINAN TANGAN
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana,
melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan,
kesehatan, transportasi dan pendidikan.
|
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi
dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang
komunikasi.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang
diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan
menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
|
1.2 Menjelaskan isi bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
|
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan
madhura.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan
carakan madhura.
|
1.4 Menulis kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan
madhura dengan petunjuk guru.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
1.5 Menulis bhangsalan sesuai
petunjuk guru.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 3. BAB 3: LINGKUNGAN SEHAT
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana,
melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan,
transportasi dan pendidikan.
|
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi
dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang
komunikasi.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang
diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan
menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
|
1.2 Menjelaskan isi bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai
teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
|
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik
dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan
madhura.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan
carakan madhura.
|
1.4 Menulis kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan
madhura dengan petunjuk guru.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan
mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
1.5 Menulis bhangsalan sesuai
petunjuk guru.
|
Semester II
|
|
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 1. TEMA 4: PENDIDIKAN
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
|
4.1 Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Pendidikan”
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan kembali
cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta
mampu menjawab pertanyaan guru/teman
dan menjelaskan arti kata-kata sulit.
|
4.2 Melakukan percakap an melalui cerita gambar dengan menggunakan
ondhagga bhasa madura.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
|
4.3 Membaca lancar teks bacaan
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis kalimat yang
didektekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa madura yang
disempurnakan.
|
4.4 Menulis kata/kalimat yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang
baku.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
4.5 Menggunakan kerata bhasa dalam
kalimat.
|
…….. x 1 Jampel
|
No. 2 BAB 5:
CERITA KUNO
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita
rakyat.
|
5.1 Mendengarkan cerita/dongeng guru.
|
…….. x 1 Jampel
|
2. BERBICARA
Menceritakan
kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan,
serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata
sulit.
|
5.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.
|
…….. x 1 Jampel
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.
|
5.3 Membaca lancar teks yang berjudul ”Ke’ Lesap”.
|
…….. x 1 Jampel
|
4. MENULIS
Menulis kalimat yang
didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa madura yang
disempurnakan.
|
5.4 Menulis surat undangan yang sesuai dengan kaidah bahasa madura.
|
…….. x 1 Jampel
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
|
5.5 Menggunakan rora bhasa dalam bacaan.
|
How to choose a new game from a casino - DrmCD
BalasHapusSome people make a casino account as well, 안양 출장안마 but the process is 공주 출장마사지 cumbersome, so 포천 출장안마 choosing an online 서울특별 출장안마 casino 계룡 출장마사지 will need to be the same as
Assalamualaikum kalau ada perangkat Bahasa Madura tolong kirim ke Imail saya iya Pak ini imail nurisabyan@gimail.com
BalasHapus