Kamis, 16 Januari 2014

BLOG INDUK : diklik 
http://blograsyad.blogspot.com      (semua blog)
PROGRAM TAHUNAN
BHS. MADURA

KELAS: IV (EMPAT)
TAHUN PELJ. 2012-2013
(M. Rasyad, guru SDN Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)




PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN             : BHS. MADURA
KELAS                                   : IV
TAHUN PELAJARAN           : 2012/2013

ALOKASI WAKTU
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Semester I




…….. x 1 Jampel
No. 1 BAB 1: PARIWISATA

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.



1.1 Mendengarkan dan membedakan berbagai bunyi/suara yang terdapat dalam bacaan.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
      Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.


1.2  Menjelaskan isi gambar/bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA    
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.


1.3  Membaca nyaring dan lancar teks puisi / bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS    
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madura yang disempurnakan.


1.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis kata/kalimat dengan baik.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


1.5  Mengumpulkan  dan  menulis   pantun Madura.



…….. x 1 Jampel

No. 2. BAB 2: TOKOH

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.




2.1 Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Daerah”.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.


2.2   Menjelaskan isi gambar/bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.



2.3 Membaca   nyaring  dan  lancar  teks puisi/bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang disempurnakan.


2.4 Menulis kalimat bacaan dengan ejaan yang baku dan menulis surat dengan kata/kalimat dengan baik.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


2.5 Mengungkapkan/membaca dan menulis syair   Madura.



…….. x 1 Jampel

No. 3 BAB 3: PERTUNJUKAN

1.    MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.




3.1 Mendengarkan cerita guru tentang  ”Addhuan Sape”.  

…….. x 1 Jampel

2.    BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.


3,2 Mengadakan  dialog dengan orang  lain / menyebutkan kejadian-kejadian dan nama-nama pelaku dalam bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.


3.3 Membaca nyaring dan lancar  teks puisi/bacaan sesuai ejaan yang baku (disempurnakan).

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang disempurnakan.


3.4 Menulis surat dengan kata / kalimat dengan baik, menulis carakan madura.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


3.5 Menggunakan okara kakanten dalam kalimat.
Semester II




…….. x 1 Jampel
No. 1 BAB 4: TRANSPORTASI

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: transportasi dan pendidikan.



4.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
      Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab/membuat  pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.


4.2 Melakukan percakapan sesuai teks dan menceritakan kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.


4.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.


4.4  Membuat karangan sesuai gambar yang ada.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


4.5  Mengapresiasi tembhang macapat



…….. x 1 Jampel

No. 2. BAB 5: PENDIDIKAN

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang: transportasi dan pendidikan.




5.1  Mendengarkan tembhang macapat

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru diceriterakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab/membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.


5.2 Melakukan percakapan sesuai teks gambar dan menceriterakan kembali cerita guru atau yang ada dalam buku bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca , baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.


5.3  Membaca   lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madura.


5.4 Menyalin/mengarang puisi menjadi ghancaran (karangan bebas)

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


5.5  Mengapresiasi tembhang macapat.

                                                                                                                          



PROGRAM TAHUNAN
BHS. MADURA

KELAS: V (LIMA)
TAHUN PELJ. 2012-2013


PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN             : BHS. MADURA
KELAS                                   : V
TAHUN PELAJARAN           : 2012/2013

ALOKASI WAKTU
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Semester I




…….. x 1 Jampel
No. 1. BAB 1: KEPENDUDUKAN

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.



1,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang kependudukan.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.


1.2  Menjelaskan isi bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan..


1.3 Membaca lancar teks bacaan tentang kependudukan, membaca carakan madhura

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan petunjuk guru.


1.4 Mengarang cerita bergambar, menyalin latin ke carakan madhura atau sebaliknya.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.


1.5 Mengapresiasikan pantun dan syiir madura dan sastra madura modern.




…….. x 1 Jampel


No. 2. BAB 2: KERAJINAN TANGAN

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.





2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang pahlawan.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.


2.2 Menjelaskan isi gambar.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.


2.4 Membaca lancar teks bacaan tentang kepahlawanan, membaca carakan madhura.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis beberapa kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa Madhura yang disempurnakan.


2.4 Menulis latin dengan menggunakan oca’ lako, menyalin latin ke carakan madhura atau sebaliknya.

…….. x 1 Jampel

5.  APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.


2.5  Mengapresiasi sastra madura modern.



…….. x 1 Jampel

No. 3. BAB 3: KESEHATAN

1.  MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang kependudukan, pahlawan, lingkungan, perdagangan, dan teknologi sederhana.




3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa vokal / konsonan tajhem / alos yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang lingkungan.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab / memberi pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.


3.2 Menyebutkan macam-macam kegiatan lingkungan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.


3.3 Melakukan percakapan, menggunakan oca’ bilangan.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri atau dengan petunjuk guru.


3.4 Mengarang dengan memilih judul karangan yang disediakan, menyalin carakan madura.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.


3.5 Mengartikan dan menggunakan parebhasan madhura.
Semester II




…….. x 1 Jampel
No. 1. TEMA 4: PERDAGANGAN

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang perdagangan dan teknologi sederhana.



4,1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang perdagangan.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.


4.2  Melakukan percakapan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca dan memahami teks bacaan.


4.3  Membaca lancar teks dan memahami bacaan.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri.


4.4 Mengarang cerita dengan memilih judul yang tersedia.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.


4.5  Mengapresiasi/mengartikan oca’ bhangsalan.



…….. x 1 Jampel

No. 2. TEMA 5: TEKNOLOGI   SEDERHANA

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami ragam bunyi, kata, bahasa dan wacana, melalui mendengarkan guru dan teman, mendengarkan bunyi sesuai perintah tentang perdagangan  dan teknologi sederhana.




5.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang ”Bhatek Madura”.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Mengungkapkan apa yang didengar, dirasakan, dipikirkan secara lisan melalui mengungkapkan kembali cerita guru, cerita teman, isi bacaan, menjawab/memberi pertanyaan, melagukan suatu lagu, bercakap-cakap dan mengungkapkan isi gambar.


5.2  Melakukan percakapan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca dan memahami teks bacaan.


5.3 Membaca lancar teks dan memahami teks bacaan.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis kalimat-kalimat dalam bentuk prosa sederhana/karangan sendiri.


5.4  Menulis oca’ oba’an pada kalimat.

…….. x 1 Jampel

5.  APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.


5.5  Mengapresiasi/
        melagukan tembhang macapat.


                                                                                                                              PROGRAM TAHUNAN
  PROGRAM TAHUNAN
BHS. MADURA

KELAS: VI (ENAM)
TAHUN PELJ. 2012-2013

PROGRAM TAHUNAN

MATA PELAJARAN             : BHS. MADURA
KELAS                                   : VI
TAHUN PELAJARAN           : 2012/2013

ALOKASI WAKTU
STANDAR KOMPETENSI
KOMPETENSI DASAR
Semester I




…….. x 1 Jampel
No. 1. BAB 1: KOMUNIKASI

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.



1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.


1.2 Menjelaskan isi bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.


1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.


1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


1.5  Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.



…….. x 1 Jampel

No. 2. BAB 2:  KERAJINAN TANGAN

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.




1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.


1.2 Menjelaskan isi bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.


1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.


1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.



…….. x 1 Jampel

No. 3. BAB 3:  LINGKUNGAN SEHAT

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.




1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.


1.2  Menjelaskan isi bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.

1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.


1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.
Semester II




…….. x 1 Jampel
No. 1. TEMA 4: PENDIDIKAN

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.



4.1 Mendengarkan cerita guru tentang ”Tokoh Pendidikan”

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu  menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.


4.2 Melakukan percakap an melalui cerita gambar dengan menggunakan ondhagga bhasa madura.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.


4.3  Membaca lancar teks bacaan

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis kalimat yang didektekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa madura yang disempurnakan.


4.4 Menulis kata/kalimat yang baik dan benar sesuai dengan ejaan yang baku.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


4.5  Menggunakan kerata bhasa dalam kalimat.



…….. x 1 Jampel

No. 2 BAB 5:  CERITA  KUNO

1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang legenda, tokoh daerah, kebudayaan, tokoh pendidikan dan cerita rakyat.




5.1 Mendengarkan cerita/dongeng guru.

…….. x 1 Jampel

2.   BERBICARA
Menceritakan kembali cerita guru atau yang dibacanya serta dirasakan atau dipikirkan, serta mampu menjawab pertanyaan guru/teman dan menjelaskan arti kata-kata sulit.


5.2 Menjelaskan isi gambar/bacaan.

…….. x 1 Jampel

3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan teknik-teknik membaca serta memahami isi bacaan.


5.3 Membaca lancar teks yang berjudul ”Ke’ Lesap”.

…….. x 1 Jampel

4.   MENULIS
Menulis kalimat yang didiktekan guru atau buatan sendiri sesuai dengan ejaan bahasa madura yang disempurnakan.


5.4 Menulis surat undangan yang sesuai dengan kaidah bahasa madura.

…….. x 1 Jampel

5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.


5.5 Menggunakan rora bhasa dalam bacaan.


                                                                                                                             

2 komentar:

  1. How to choose a new game from a casino - DrmCD
    Some people make a casino account as well, 안양 출장안마 but the process is 공주 출장마사지 cumbersome, so 포천 출장안마 choosing an online 서울특별 출장안마 casino 계룡 출장마사지 will need to be the same as

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum kalau ada perangkat Bahasa Madura tolong kirim ke Imail saya iya Pak ini imail nurisabyan@gimail.com

    BalasHapus