Kamis, 16 Januari 2014

BLOG INDUK : diklik 
http://blograsyad.blogspot.com      (semua blog)
KISI-KISI SOAL UAS 1 KELAS 6 BHS. MADURA SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(M. Rasyad, guru SDN Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)

Mata Pelajaran : Bhs. Madura                                                                                                            Kelas                 : Enam (6)
Semester          : Satu (1)                                  
Alokasi Waktu  : 60 menit
Jumlah Soal      : 50 


NO.
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR KD
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR SOAL
BENTUK SO
AL
NO.
SOAL
1
2
3
4
5
6

1.

BAB 1: KOMUNIKASI



Sesuai kan sendiri nomor nya


1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.


Bacaan ttg komunikasi
•  Teks bacaan ttg komunikasi
•  Jenis-jenis komunikasi
• Struktur kalimat sempurna dan tidak sempurna.




Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
Menuliskan struktur kalimat sempurna dan tidak sempurna.





PG
IS







1,2,31
8



2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
1.2 Menjelaskan isi bacaan.


Percakapan ttg komunikasi
•  Teks percakapan ttg komunikasi
•  Pertanyaan isi teks
•  Kata-kata sulit dalam teks



Menceritakan isi bacaan/cerita.
Menjawab pertanyaan ttg komunikasi.
Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan.





PG






3,4,32







3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


1.  Bacaan
•  Teks bacaan
• Vokal / konsonan alos atau tajhem.
•  Pertanyaan isi bacaan
2.  Teks carakan madhura.






Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis carakan madhura.







PG








5


4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


1.Oca’ bhangsalan ban  saloka

2. Carakan madhura
3. Surat undangan


Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madhura dengan baik
Menulis carakan madhura.


Menulis sorat onjhangan.




PG
IS





6
9


5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.


1. Bhangsalan


2.Tembhang macapat madhura


1. Menulis  kalimat  dengan  menggunakan  oca’ bhangsalan.
2. Membuat  oca’ bhangsalan


PG

IS



7,8,33,34
10






2.
BAB 2: KERAJINAN TANGAN






1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru ttg komunikasi.


Bacaan ttg kerajinan tangan
• Teks bacaan.
• Okara careta dan okara petanya.





1. Membuat okara careta


2. membuat okara petanya.




PG


PG






9


10,11,12,35


2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
2.2Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.


Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit
• Pertanyaan dg menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.




Menjelaskan arti kata-kata sulit.


Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.




PG


PG
IS





13


14,15
1


3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
2.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


1.  Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yang mengandung   vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi bacaan.
2.  Carakan madhura.








Menjawab isi pertanyaan.
Membaca kalimat dalam carakan madhura.








PG









16,17


4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
2.5 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


1.  Karangan
• Teks karangan

2.  Carakan madhura




Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.














5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Melagukan tembhang macapat (Maskumambang).


Tembhang macapat
• Istilah dalam tembhang macapat.
• Isi tembhang macapat.



Menyebutkan istilah dalam tembhang macapat.
Menyebutkan isi tembhang macapat.




PG





18,19






3.
BAB 3: LINGKUNGAN SEHAT






1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, karajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.


Bacaan ttg lingkungan sehat
• Teks bacaan
• Tempat-tempat yang berkaitan dengan kesehatan.





Menyebutkan tempat-tempat yang berkaitan dengan kesehatan.




PG
IS





20
2


2.   BEBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
3.2 Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.


Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit dalam teks percakapan.
• Pertanyaan dengan mengguna kan ondhagga bhasa engghi bhunten.




Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam teks percakapan.


Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.




PG

IS





21,22,23
3


3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
3.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


1.  Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yg mengandung vokal/konsonan   alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi bacaan
2.  Carakan madhura







Membedakan struktur kalimat perintah.


Membedakan struktur kalimat pujian.
Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis kalimat dalam carakan madhura.





PG
IS

IS

PG






24
4

5

25,26


4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
3.4 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


1.  Teks pidato

2.  Carakan madhura


Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.




PG
IS





27
6,7


5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang macapat, melagukan tembhang macapat (Maskumambang)


Tembhang macapat.


Menjawab pertanyaan isi tembhang macapat.


PG




28,29,30
      
    KISI-KISI SOAL UAS 1 KELAS 6 BHS. MADURA SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2011/2012

 Mata Pelajaran : Bhs. Madura                                                                                                            Kelas                 : Enam (6)
Semester          : Satu (1)                                  
Alokasi Waktu  : 60 menit
Jumlah Soal      : 50 
NO.
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR KD
MATERI PEMBELAJARAN
INDIKATOR SOAL
BENTUK SOAL
NO.
SOAL
1
2
3
4
5
6

1.

BAB 1: KOMUNIKASI






1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.


Bacaan ttg komunikasi
•  Teks bacaan ttg komunikasi
•  Jenis-jenis komunikasi
• Struktur kalimat sempurna dan tidak sempurna.




Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
Menuliskan struktur kalimat sempurna dan tidak sempurna.




2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
1.2 Menjelaskan isi bacaan.


Percakapan ttg komunikasi
•  Teks percakapan ttg komunikasi
•  Pertanyaan isi teks
•  Kata-kata sulit dalam teks



Menceritakan isi bacaan/cerita.
Menjawab pertanyaan ttg komunikasi.
Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan.




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


1.  Bacaan
•  Teks bacaan
• Vokal / konsonan alos atau tajhem.
•  Pertanyaan isi bacaan
2.  Teks carakan madhura.





Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis carakan madhura.




4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


1.Oca’ bhangsalan ban  saloka

2. Carakan madhura
3. Surat undangan


Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madhura dengan baik
Menulis carakan madhura.
Menulis sorat onjhangan.




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.


1. Bhangsalan


2.Tembhang macapat madhura


1. Menulis  kalimat  dengan  menggunakan  oca’ bhangsalan.
2. Membuat  oca’ bhangsalan








2.
BAB 2: KERAJINAN TANGAN






1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru ttg komunikasi.


Bacaan ttg kerajinan tangan
• Teks bacaan.
• Okara careta dan okara petanya.





1. Membuat okara careta
2. Membuat okara petanya.




2.   BERBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
2.2Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.


Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit
• Pertanyaan dg menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.




Menjelaskan arti kata-kata sulit.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
2.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


1.  Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yang mengandung   vokal / konsonan alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi bacaan.
2.  Carakan madhura.






Menjawab isi bacaan.
Membaca kalimat dalam carakan madhura.




4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
2.5 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


1.  Karangan
• Teks karangan
2.  Carakan madhura




Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Melagukan tembhang macapat (Maskumambang).


Tembhang macapat
• Istilah dalam tembhang macapat.
• Isi tembhang macapat.



Menyebutkan istilah dalam tembhang macapat.
Menyebutkan isi tembhang macapat.








3.
BAB 3: LINGKUNGAN SEHAT






1.   MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang komunikasi, karajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.


Bacaan ttg lingkungan sehat
• Teks bacaan
• Tempat-tempat yang berkaitan dengan kesehatan.





Menyebutkan tempat-tempat yang berkaitan dengan kesehatan.




2.   BEBICARA
Menceritakan dan menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca, dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab / membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan tembhang macapat.
3.2 Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.


Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit dalam teks percakapan.
• Pertanyaan dengan mengguna kan ondhagga bhasa engghi bhunten.




Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam teks percakapan.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.




3.   MEMBACA
Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang macapat dan carakan madhura.
3.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.


1.  Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yg mengandung vokal/konsonan   alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi bacaan
2.  Carakan madhura








Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis kalimat dalam carakan madhura.




4.   MENULIS
Menulis bhangsalan, saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
3.4 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.


1.  Teks pidato
2.  Carakan madhura


Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.




5.   APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam bacaan dan tembhang macapat, melagukan tembhang macapat (Maskumambang)


Tembhang macapat.


Menjawab pertanyaan isi tembhang macapat.


        

0 komentar:

Posting Komentar