BLOG INDUK : diklik
KISI-KISI SOAL UAS 1 KELAS 6 BHS. MADURA SEMESTER 1
TAHUN PELAJARAN 2011/2012
(M.
Rasyad, guru SDN Cenlecen 2, Pakong, Pamekasan, Madura)
Mata Pelajaran : Bhs. Madura Kelas : Enam (6)
Semester : Satu (1)
Alokasi Waktu : 60 menit
Jumlah Soal : 50
NO.
|
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR KD
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SO
AL
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
BAB 1: KOMUNIKASI
|
|
|
|
Sesuai kan sendiri nomor nya
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan, menangkap
dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru tentang
komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.
|
Bacaan ttg komunikasi
• Teks bacaan ttg komunikasi
• Jenis-jenis komunikasi
• Struktur kalimat
sempurna dan tidak sempurna.
|
Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
Menuliskan struktur kalimat sempurna dan tidak sempurna.
|
PG
IS
|
1,2,31
8
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan
menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca,
dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab /
membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
1.2 Menjelaskan isi
bacaan.
|
Percakapan ttg komunikasi
• Teks percakapan ttg komunikasi
• Pertanyaan isi teks
• Kata-kata sulit dalam teks
|
Menceritakan isi bacaan/cerita.
Menjawab pertanyaan ttg komunikasi.
Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan.
|
PG
|
3,4,32
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang
macapat dan carakan madhura.
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
1. Bacaan
• Teks bacaan
• Vokal / konsonan
alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi bacaan
2. Teks carakan madhura.
|
Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis carakan madhura.
|
PG
|
5
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura
dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
1.Oca’ bhangsalan
ban saloka
2. Carakan madhura
3. Surat undangan
|
Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madhura dengan
baik
Menulis carakan madhura.
Menulis sorat onjhangan.
|
PG
IS
|
6
9
|
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.
|
1. Bhangsalan
2.Tembhang macapat
madhura
|
1. Menulis kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan.
2. Membuat oca’ bhangsalan
|
PG
IS
|
7,8,33,34
10
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
BAB 2: KERAJINAN TANGAN
|
|
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru ttg komunikasi.
|
Bacaan ttg kerajinan tangan
• Teks bacaan.
• Okara careta dan
okara petanya.
|
1. Membuat okara careta
2. membuat okara petanya.
|
PG
PG
|
9
10,11,12,35
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan
menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca,
dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab /
membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
2.2Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit
• Pertanyaan dg
menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
Menjelaskan arti kata-kata sulit.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
PG
PG
IS
|
13
14,15
1
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang
macapat dan carakan madhura.
2.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
1. Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yang mengandung vokal
/ konsonan alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi
bacaan.
2. Carakan madhura.
|
Menjawab isi pertanyaan.
Membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
PG
|
16,17
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
2.5 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
1. Karangan
• Teks karangan
2. Carakan madhura
|
Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.
|
|
|
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Melagukan tembhang macapat (Maskumambang).
|
Tembhang macapat
• Istilah dalam tembhang macapat.
• Isi tembhang macapat.
|
Menyebutkan istilah dalam tembhang macapat.
Menyebutkan isi tembhang macapat.
|
PG
|
18,19
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
BAB 3: LINGKUNGAN SEHAT
|
|
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, karajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.
|
Bacaan ttg lingkungan sehat
• Teks bacaan
• Tempat-tempat yang
berkaitan dengan kesehatan.
|
Menyebutkan tempat-tempat yang berkaitan dengan kesehatan.
|
PG
IS
|
20
2
|
|
2. BEBICARA
Menceritakan dan
menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca,
dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab /
membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
3.2 Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit
dalam teks percakapan.
• Pertanyaan dengan
mengguna kan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam teks percakapan.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
PG
IS
|
21,22,23
3
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang
macapat dan carakan madhura.
3.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
1. Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yg mengandung vokal/konsonan
alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi
bacaan
2. Carakan madhura
|
Membedakan struktur kalimat perintah.
Membedakan struktur kalimat pujian.
Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis kalimat dalam carakan madhura.
|
PG
IS
IS
PG
|
24
4
5
25,26
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
3.4 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
1. Teks pidato
2. Carakan madhura
|
Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.
|
PG
IS
|
27
6,7
|
|
5. APRESIASI SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam
bacaan dan tembhang macapat, melagukan tembhang macapat (Maskumambang)
|
Tembhang macapat.
|
Menjawab pertanyaan isi tembhang macapat.
|
PG
|
28,29,30
|
TAHUN PELAJARAN
2011/2012
Mata Pelajaran : Bhs. Madura Kelas : Enam (6)
Semester : Satu (1)
Alokasi Waktu : 60 menit
Jumlah Soal : 50
NO.
|
KOMPETENSI DASAR / INDIKATOR KD
|
MATERI PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR SOAL
|
BENTUK SOAL
|
NO.
SOAL
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
1.
|
BAB 1: KOMUNIKASI
|
|
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
1.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.
|
Bacaan ttg komunikasi
• Teks bacaan ttg komunikasi
• Jenis-jenis komunikasi
• Struktur kalimat
sempurna dan tidak sempurna.
|
Menyebutkan jenis-jenis komunikasi
Menuliskan struktur kalimat sempurna dan tidak sempurna.
|
|
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan
menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca,
dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab /
membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
1.2 Menjelaskan isi
bacaan.
|
Percakapan ttg komunikasi
• Teks percakapan ttg komunikasi
• Pertanyaan isi teks
• Kata-kata sulit dalam teks
|
Menceritakan isi bacaan/cerita.
Menjawab pertanyaan ttg komunikasi.
Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam bacaan.
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang
macapat dan carakan madhura.
1.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
1. Bacaan
• Teks bacaan
• Vokal / konsonan
alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi bacaan
2. Teks carakan madhura.
|
Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis carakan madhura.
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
1.4 Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madura
dengan baik, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
1.Oca’ bhangsalan
ban saloka
2. Carakan madhura
3. Surat undangan
|
Menulis kalimat dengan menggunakan oca’ bhangsalan, saloka madhura dengan
baik
Menulis carakan madhura.
Menulis sorat onjhangan.
|
|
|
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
1.5 Menulis bhangsalan sesuai petunjuk guru.
|
1. Bhangsalan
2.Tembhang macapat
madhura
|
1. Menulis kalimat dengan
menggunakan oca’ bhangsalan.
2. Membuat oca’ bhangsalan
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
BAB 2: KERAJINAN TANGAN
|
|
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, kerajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
2.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru ttg komunikasi.
|
Bacaan ttg kerajinan tangan
• Teks bacaan.
• Okara careta dan
okara petanya.
|
1. Membuat okara careta
2. Membuat okara petanya.
|
|
|
|
2. BERBICARA
Menceritakan dan
menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca,
dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab /
membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
2.2Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit
• Pertanyaan dg
menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
Menjelaskan arti kata-kata sulit.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang
macapat dan carakan madhura.
2.3 Membaca teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
1. Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yang mengandung vokal
/ konsonan alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi
bacaan.
2. Carakan madhura.
|
Menjawab isi bacaan.
Membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
2.5 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
1. Karangan
• Teks karangan
2. Carakan madhura
|
Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.
|
|
|
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan/tulisan.
2.5 Melagukan tembhang macapat (Maskumambang).
|
Tembhang macapat
• Istilah dalam tembhang macapat.
• Isi tembhang macapat.
|
Menyebutkan istilah dalam tembhang macapat.
Menyebutkan isi tembhang macapat.
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
BAB 3: LINGKUNGAN SEHAT
|
|
|
|
|
|
1. MENDENGARKAN
Mendengarkan,
menangkap dan memahami bahasa dan wacana, melalui mendengarkan cerita guru
tentang komunikasi, karajinan tangan, kesehatan, transportasi dan pendidikan.
3.1 Mendengarkan dan membedakan bunyi dan suara bahasa yang terdapat
dalam bacaan dan cerita guru tentang komunikasi.
|
Bacaan ttg lingkungan sehat
• Teks bacaan
• Tempat-tempat yang
berkaitan dengan kesehatan.
|
Menyebutkan tempat-tempat yang berkaitan dengan kesehatan.
|
|
|
|
2. BEBICARA
Menceritakan dan
menjelaskan kembali apa yang diceritakan guru, diceritakan temannya, dibaca,
dirasakan atau dipikirkan, serta mampu melakukan percakapan, menjawab /
membuat pertanyaan dan menjelaskan arti kata-kata sulit, mampu melagukan
tembhang macapat.
3.2 Melakukan percakapan sesuai teks dalam buku bacaan.
|
Percakapan
• Teks percakapan.
• Kata-kata sulit
dalam teks percakapan.
• Pertanyaan dengan
mengguna kan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
Menjelaskan arti kata-kata sulit dalam teks percakapan.
Menjawab pertanyaan dengan menggunakan ondhagga bhasa engghi bhunten.
|
|
|
|
3. MEMBACA
Membaca teks bacaan
dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik baik prosa, puisi dan tembhang
macapat dan carakan madhura.
3.3 Membaca lancar teks bacaan dengan baik dan benar sesuai teknik-teknik
membaca, membaca kalimat dalam carakan madhura.
|
1. Bacaan
• Teks bacaan
• Kata-kata yg mengandung vokal/konsonan
alos atau tajhem.
• Pertanyaan isi
bacaan
2. Carakan madhura
|
Menjawab pertanyaan isi bacaan.
Membaca/menulis kalimat dalam carakan madhura.
|
|
|
|
4. MENULIS
Menulis bhangsalan,
saloka, prosa, puisi modern dan carakan madhura.
3.4 Membuat karangan, menulis carakan madhura dengan petunjuk guru.
|
1. Teks pidato
2. Carakan madhura
|
Membuat karangan dengan petunjuk guru dengan baik.
Menulis carakan madhura.
|
|
|
|
5. APRESIASI
SASTRA
Mengapresiasikan karya
sastra Madura dan mengkomunikasikannya secara lisan / tulisan.
3.5 Melafalkan bunyi bahasa secara baik dan benar yang terdapat dalam
bacaan dan tembhang macapat, melagukan tembhang macapat (Maskumambang)
|
Tembhang macapat.
|
Menjawab pertanyaan isi tembhang macapat.
|
|
|
0 komentar:
Posting Komentar