Kamis, 16 Januari 2014

BLOG INDUK : diklik 
http://blograsyad.blogspot.com      (semua blog)



No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
1
2.      Memahami dan menggunakan ca’ oca’ pangalem, oca’ tanduk, oca’ se andi’ arte paleng, dan oca’ rangkep dalam kalimat dan melagukan karya sastra Madura
2.1 Mengungkapkan isi pentun
IV / 1
Disajikan sebait pantun, siswa dapat menentukan jenis pantun berdasarkan isinya
1
2
3.      Memahami lambang bunyi menjadi suara sesuai dengan ejaan yang benar dan okara kakanthen
3.1   Membaca teks bacaan sesuai dengan ejaan yang baku dengan baik dan benar
IV / 1
Disajikan 4 ( empat kalimat yang satu diantaranya berisi ejaan yang tidak baku, siswa dapat menetukan kalimat yang berisi ejaan yang tidak baku
2
3.4   Menulis okara kakanthen
IV / 1
Siswa dapat menentukan okara kakanthen yang benar
3
3
4.      Menulis arti kata dalam kalimat yang ditulis. Penulisan kata dalam kalimat dengan penekanan pada struktur kata dan penulisan carakan

4.1   Mengartikan kata-kata sulit
IV / 1
Disajikan sebuah kalimat yang didalamnya terdapat kata-kata sulit, siswa dapat menentukan arti kata-kata sulit tersebut
4
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
4
7.      Memahami teks bacaan, sinonim dan antonim, oca’ rangke’ ( oca’ camporan), kereta basa, oca’ saroja, dan rora basa
7.5   Menulis kalimat menggunakan kata majemuk ( oca’ saroja )
IV / 2
Siswa dapat menetukan kalimat yang berisi kata majemuk ( oca’ saroja )
5
7.6   Menggunakan kerata basa dalam kalimat
IV / 2
Disajikan sebuah kalimat yang berisi kerata basa, siswa dapat rmenentukan arti dari kerata basa tersebut
6
7.7   Menulis wacana sesuai dengan tema
IV / 2
Disajikan sebuah kalimat dengan tema tertentu, siswa dapat menetukan rora basa yang ada di dalam kalimat
7
5
8.      Menulis surat undangan, kerata basa, kata depan ( oca’ lantaran ), carakan dan homonim
8.4   Menulis carakan madura yang didalamnya terdapat pasangan (gantongan/dhampengan)
IV / 2
Disajikan sebuah kalimat carakan yang mengandung pasangan ( gantongan / dhampengan ), siswa dapat menentukan tulisan latinnya
8
6
1.      Memahami isi wacana prosa persuasi
1.3Menggunakan kata-kata yang bermakna konotatif
V / 1
Disajikan 4 ( empat ) kalimat, siswa dapat menentukan kalimat yang mengandung kata makna konotatif
9
7
3.  Memahami teks dengan membaca cepat pantun dan syair
3.3   mengapresiasi pantun dan syair madura
V / 1
Siswa dapat melengkapi syair yang rumpang dengan kalimat yang benar
10
3.4   mengartikan dan menggunakan (parebasan ) madura


V / 1
Disajikan sebuah peribahasa, siswa dapat menentukan artinya
11
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
8
4. Membaca dan memahami kata, kalimat dan wacana sederhana dengan cara membaca lancar
4.7   Menggunakan oca’ bilangan
V / 1
Disajikan kaimat rumpang, siswa dapat menentukan oca’ banto bilangan dari kata benda yang tersedia untuk melengkapi kalimat
12
4.7   Menggunakan oca’ bilangan
V / 1
Siswa dapat menentukan kalimat yang berisi kata bilangan ( oca’ bilangan ) pada sebuah paragraf yang tersedia
13
4.8   Menulis latin dengan menggunakan oca’ lako
V / 1
Disajikan sebuah kalimat, siswa menentukan kata kerja, ( oca’ lako ), dalam kalimat yang tersedia
14
4.8   Menggunakan vtingkatan bahasa ( ondhagga basa ) madura tentang kata kerja ( oca’ lako )
V / 1
Disajikan sebuah kalimat “ enja’ iye “ yang berisi kata kerja ( oca’ lako ), siswa dapat menentukan basa enggi buntenna dari kata kerja tersebut
  15
9
7. Memahami teks bacaan dengan membaca memindai
7.1Menjawab / membuat pertanyaan tentang kerajinan, misalnya batek madura
V / 2
Disajikan sebuah paragraf bertema “ kerajinan “ misalnya, batek madura, siswa dapat menentukan jawaban yang benar berdasarkan pertanyaan pada paragraf yang tersedia
16
10
8.    Mengungkapkan ide, pikiran pendapat dan perasaan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan, oca’ oba’an, menulis carakan dan macapat
8.1   Mengapresiasi / mengartikan oca’bangsalan
V / 2
Disajikan sebuah kalimat yang mengandung oca’ bangsalan, siswa dapat menentukan tegessa / panebbussa oca’ bangsalan terssebut
17
8.2   Menulis oca’oba’an dalam kalimat
V / 2
Disajikan sebuah kalimat yang belum lengkap, siswa dapat menentukan oca’ oba’an yang benar untuk melengkapi kalimat tersebut



18
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal


8.3   Mampu memahami isi syair tembang macapat
V / 2
Disajikan sebuah tembang macapat, siswa dapat menentukan isi dari tembang macapat tersebut
19
11
2.      Mengungkapkan pikiran, pendapat dan perasaan dengan menggunakan ondhagga bahasa
2.1   Melakukan percapakan yang berisi identifikasi suatu hal dengan menggunakan tingkatan bahasa ( ondhagga basa )
VI / 1
Disajikan sebuahercapakan yang rumpang, siswa dapat melengkapi percapakan tersebut dengan kalimat yang menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa ) dengan benar
20

3.      Memahami struktur Mengungkapkan kalimat tentang kalimat sempurna dan kalimat tidak sempurna ( okara majjha) , kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kaimat pujian, kalimat ajakan dan saloka
3.1   Membandingkan isi kalimat sempurna, kalimat tidak sempurna dan kalimat sederhana di dalam wacana yang dibaca secara intensif
VI / 1
Disajikan beberapa kalimat sempurna dan tidak sempurna, siswa dapat menentukan kalimat yang tidak sempurna
21
2.2   Mengidentifikasi kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan dan saloka
VI / 1
Disajikan 4 ( empat kalimat, siswa dapat menentukan kalimat ajakan
22
3.2   Mengidentifikasi kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, dan saloka
VI / 1
Siswa dapat menentukan kalimat saloka berdasarkan ilustrasi yang disajikan
23
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
13
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis pidato, bangsalan, menulis carakan madura
4.1   Menulis prosa ( gancaran ) dengan memperhatikan pilihan kata yang tepat
VI / 1
Disajikan sebuah paragraf yang rumpang, siswa dapat melengkapi paragraf tersebut dengan kalimat yang benar
24
4.1   Menulis prosa ( gancaran ) dengan memperhatikan pilihan kata yang tepat
VI / 1
Disajikan 4 ( empat ) kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya sehingga menjadi paragraf yang padu
25
4.1   Menulis prosa ( gancaran ) dengan memperhatikan pilihan kata yang tepat
VI / 1
Disajikan 4 ( empat ) kalimat secara acak, , siswa dapat mengurutkan kalimat dengan benar
26
4.1   Menulis teks pidato sesuai dengan tema
VI / 1
Disajikan teks pidato, siswa dapat menentukan tema pidato tersebut
  27
4.1   Menulis kalimat yang berisi bangsalan
VI / 1
Siswa dapat menentukan bangsalan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan
  28
14
7. Memahami isi bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kalimat tunggal dan kalimat majemuk
7.1   Menggunakan kata yang bersinonim / berantonim dalam kalimat
VI / 2
Disajikan sebuah kaimat, siswa dapat menentukan antonim salah satu kata yang terdapat di dalam kalimat tersebut
29
7.1   Menggunakan kata yang bersinonim / berantonim dalam kalimat
VI / 2
Disajikan sebuah kalimat, Siswa dapat menentukan sinonim salah satu kata yang terdapat di dalam kalimat
30
7.1Mengidentifikasi kalimat tiunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan
VI / 2
Siswa dapat menentukan kalimat majemuk ( okara rampet otaba okara rangke’ dalam teks bacaan yang tersedia
31



No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
15
8. Mengungkapkan ide, gagasan, pendapat, pengalaman dan perasaan dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis carakan
8.1   Menulis wacana sesuai dengan tema
VI / 2
Disajikan teks 1 ( satu ) paragraf, siswa dapat menentukan pertanyaan sesuai dengan tema
32
8.2   Menulis carakan pasanganna aksara raja ( ta, ka, ba, dan ca )
VI / 2
Disajikan 4 ( empat ) kalimat, siswa dapat menentukan kalimat carakan yang menggunakan pasanganna aksara raja ( ta, ka, ba atau ca )
2533
8.2   Menulis carakan pasanganna aksara raja ( ta, ka, ba, dan ca )
VI / 2
Siswa dapat menentukan tulisan latin pada kalimat carakan yang menggukanan pasanganna aksara raja ( ta, ka, ba atau ca )
34
8.3   Menggunakan kata, kalimat serta ejaan dan tanda baca dalam berbagai macam tulisan
VI / 2
Siswa dapat menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital yang benar
  35
16
2. Memahami dan menggunakan ca’oca’ pangalem, oca’ tandhuk, oca’ se andi’ arte paleng, dan oca’ rangkep dalam kalimat dan melagukan karya sastra madura
2.1   Menggunakan kata “ pangalem “
IV / 1
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan menggunakan “ oca’ pangalem “ yang benar
36
17
8. Menulis surat undangan, kerata basa, kata depan, ( oca’ lantaran), carakan dan homonim
8.4   Menulis kata depan ( oca’ lantara), dengan benar dalam kalimat
IV / 2
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata depan ( oca’ lantaran )
37
19
7. Memahami teks bacaan dengan membaca memindai
7.3   Mengidentifikasi kata berakhiran –na dan –a ( panoteng –na ban –a) dalam bacaan
V / 2
Siswa dapat menulis kata yang berakhiran –na atau-a (panoteng) –na otaba –a) didalam kalimat
39
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
20
8.Mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan perasaan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan, oca’ oba’an, menulis carakan dan macapat
8.2 Menulis carakan madura dengan menggunakan huruf besar ( ka, ta, nya, ga , ban ba )
V / 2
Siswa dapat menulis kalimat dengan menggunakan huruf besar carakan ka, ta, nya, ga atau ba
40


8.3 Melagukan lambang macapat yang ditulis
V / 2
Siswa dapat menulis arti dari salah satu jenis tembang
41
21
1.      Memahami wacana yang didengar
1.2Menjawab pertanyaan sesuai dengan isi wacana
VI / 1
Siswa dapat melengkapi kalimat dengan kata tanya yang tepat
42
22
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis pidato, bangsalan, menulis carakan madura
4.3Menulis kalimat yang berisi bangsalan
VI / 1
Siswa dapat melengkapi kalimat rumpang dengan “oca’ bangsalan” yang benar
43
23
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis pidato, bangsalan, menulis carakan madura
4.1 Menulis carakan “ pasanganna aksara raja “ ( na, sa, pa, ka )
VI / 2
Siswa dapat menulis aksara latenna oca’ carakan se ngangguy pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, otaba ka )
44
24
7.      Memahami isi bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kalimat tunggal dan kalimat majemuk
7.2Mengidentifikasi kalimat tunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan   
VI / 2
Disajikan teks bacaan, siswa dapat menuliskan jenis “okara dhangke’ “ yang disajikan
45
25
1.      Memahami isi wacana prosa persuasi
1.3Mengartikan kata-kata bermakna konotatif dan denotatif
IV / 1
Disajikan sebuah kata, siswa dapat menuliskan kalimat bermakna konotatif dan denotatif
46
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
26
8.   Mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan perasaan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan, oca’ oba’an, menulis carakan dan macapat
8.1 Menulis kalimat yang mengandung bangsalan
V / 2
Disajikan4 ( empat ) oca’ bangsalan, siswa dapat menuliskan 4 ( empat ) kalimat berdasarkan oca’ bangsalan tersebut
47
27
6.   Mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan perasaan secara lisan dengan menggunakan ondhagga basa
6.2 Melakukan percakapan yang berisi pernyataan penawaran bantuan pada orang lain sesuai dengan ondhagga basa madura
V / 2
Siswa dapat menulis teks percapakan untuk 2 ( dua ) pelaku sebanyak 4 ( empat ) kalimat tentang penawaran bantuan kepada orang lain sesuai dengan ondhagga basa madura
48
28
7.      Memahami isi bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kamimat tunggal dan kalimat majemuk
7.2 Mengidentifikasi kalimat tunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan
VI /2
Disajikan 2( dua ) oca’ penyambung, Siswa dapat menulis kalimat, okara rangke’ dengan menggunakan kata sambung ( oca’ penyambung ) tersebut
49
29
8. Mengungkapkan ide, gagasan pendapat, pengalaman dan perasaan dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis carakan
8.2 Menulis carakan pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba, atau ca )
VI / 2
Disajikan 4 ( empat ) okara carakan madura yang masing-masing okara menggunakan pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba atau ca ) siswa dapat menulis okara tersebut dengan huruf lain
50





KISI – KISI SEKOLAH ( US ) SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013

MATA PELAJARAN : BAHASAN MADURA ( PRAKTIK
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
1
2.  Memahami dan menggunakan ca’ oca’ pangalem, oca’ tondhuk, oca’ se andi’ arte paleng, dan oca’ rangkep dalam kalimat dan melagunakan karya sastra madura
2.5 Melagukan syair Madura
IV / 1
Disajikan sebuah syair madura, siswa dapat melagukannya di depan kelas dengan benar
1
2
5. Memahami wacana prosa / narasi tentang tokoh pendidikan daerah dan cerita rakyat
5.1 Menuliskan hal-hal penting / pokok yang berhubungan dengan wacana
IV / 2
Guru membacakan sebuah dongeng / memperdengarkan melalui elektronik, siswa dapat menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasanya sendiri
2
3
8.      Menulis surat undangan, kerata basa, kata depan ( oca’ lantaran), carakan madura, dan homonim
8.1 Menulis surat undangan dengan benar
IV /2
Siswa dapat menulis surat undangan pelepasan siswa kelas VI dengan benar
3
4
5. Memahami wacana prosa narasi tentang tokoh pendidikan daerah dan cerita rakyat
5.1Menceritakan kembali isi wacana secara lisan / tulisan
V / 2
Disajikan 4 ( empat ) gambar tentang membatik, siswa dapat menceritakan gambar tersebut dengan bahasanya sendiri



4
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal
5
8.  Mengungkapkan ide pikiran, pendapat dan perasan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan, oca’oba’an, menulis carakan dan macapat
8.1 melagukan tembang macapat yang ditulis
V / 2
Siswa dapat melagukan dengan baik salah satu tembang macapat ( kenante, pucung, maskubambang, kasmaran, dsb ) yang telah tersedia
5
6
4. Mengungkapkan ide pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis pidato, bangsalan, menulis carakan madura
4.2 Menulis pidato
VI / 1
Siswa dapat menulis teks pidato bertema kesehatan lingkungan dengan menggunakan bahasa enggi bunten yang benar
6
7
5.      Memahami puisi madura dan macapat
5.3Membaca puisi
VI /2
Siswa dapat membacakan salah satu puisi yang dipilihnya dari 3 ( tiga ) puisi yang tersedia dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang benar
7
8
6. Mengungkapkan pikiran, pendapat , pengalaman dan perasaan dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis caraka
6.2Melakukan percakapan yang berisi pernyataan penawaran bantuan pada orang lain sesuai dengan ondhagga basa madura
VI / 2
Disajikan teks percakapan yang menngunakan bahasa enggi bunten, siswa dapat melakukan percakapan bersama pasangannya dengan benar
8
9
8. Mengungkapkan ide, gagasan, pendapat , pengalaman dan perasaan dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis caraka
8.1Menulis wacana sesuai dengan tema
VI / 2
Disajikan 3 ( tiga ) judul cerita bertema pendidikan, siswa dapat menulis cerita dengan benar sesuai dengan judul cerita yang dipilihnya
9
No. Urut
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Kelas / Smt
Indikator
No. Soal


8.2Menulis carakan madura pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba, dan ca )
VI / 2
Disajikan sebuah paragraf berisi 4 ( empat ) kalimat carakan yang didalamnya terdapat pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba, otaba ca ), siswa dapat menulis paragraf tersebut dengan aksara latin
10







0 komentar:

Posting Komentar