BLOG
INDUK : diklik
No. Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas
/ Smt
|
Indikator
|
No.
Soal
|
1
|
2.
Memahami dan
menggunakan ca’ oca’ pangalem, oca’ tanduk, oca’ se andi’ arte paleng, dan
oca’ rangkep dalam kalimat dan melagukan karya sastra Madura
|
2.1
Mengungkapkan isi pentun
|
IV
/ 1
|
Disajikan
sebait pantun, siswa dapat menentukan jenis pantun berdasarkan isinya
|
1
|
2
|
3.
Memahami lambang
bunyi menjadi suara sesuai dengan ejaan yang benar dan okara kakanthen
|
3.1 Membaca teks bacaan sesuai dengan ejaan
yang baku dengan baik dan benar
|
IV
/ 1
|
Disajikan
4 ( empat kalimat yang satu diantaranya berisi ejaan yang tidak baku, siswa
dapat menetukan kalimat yang berisi ejaan yang tidak baku
|
2
|
3.4 Menulis okara kakanthen
|
IV
/ 1
|
Siswa
dapat menentukan okara kakanthen yang benar
|
3
|
||
3
|
4.
Menulis arti
kata dalam kalimat yang ditulis. Penulisan kata dalam kalimat dengan
penekanan pada struktur kata dan penulisan carakan
|
4.1 Mengartikan kata-kata sulit
|
IV
/ 1
|
Disajikan
sebuah kalimat yang didalamnya terdapat kata-kata sulit, siswa dapat
menentukan arti kata-kata sulit tersebut
|
4
|
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas
/ Smt
|
Indikator
|
No.
Soal
|
4
|
7.
Memahami teks
bacaan, sinonim dan antonim, oca’ rangke’ ( oca’ camporan), kereta basa, oca’
saroja, dan rora basa
|
7.5 Menulis kalimat menggunakan kata majemuk (
oca’ saroja )
|
IV
/ 2
|
Siswa
dapat menetukan kalimat yang berisi kata majemuk ( oca’ saroja )
|
5
|
7.6 Menggunakan kerata basa dalam kalimat
|
IV
/ 2
|
Disajikan
sebuah kalimat yang berisi kerata basa, siswa dapat rmenentukan arti dari
kerata basa tersebut
|
6
|
||
7.7 Menulis wacana sesuai dengan tema
|
IV
/ 2
|
Disajikan
sebuah kalimat dengan tema tertentu, siswa dapat menetukan rora basa yang ada
di dalam kalimat
|
7
|
||
5
|
8.
Menulis surat
undangan, kerata basa, kata depan ( oca’ lantaran ), carakan dan homonim
|
8.4 Menulis carakan madura yang didalamnya
terdapat pasangan (gantongan/dhampengan)
|
IV
/ 2
|
Disajikan
sebuah kalimat carakan yang mengandung pasangan ( gantongan / dhampengan ),
siswa dapat menentukan tulisan latinnya
|
8
|
6
|
1.
Memahami isi
wacana prosa persuasi
|
1.3Menggunakan
kata-kata yang bermakna konotatif
|
V
/ 1
|
Disajikan
4 ( empat ) kalimat, siswa dapat menentukan kalimat yang mengandung kata
makna konotatif
|
9
|
7
|
3. Memahami teks dengan membaca cepat pantun
dan syair
|
3.3 mengapresiasi pantun dan syair madura
|
V
/ 1
|
Siswa
dapat melengkapi syair yang rumpang dengan kalimat yang benar
|
10
|
3.4 mengartikan dan menggunakan (parebasan )
madura
|
V
/ 1
|
Disajikan
sebuah peribahasa, siswa dapat menentukan artinya
|
11
|
||
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
8
|
4. Membaca dan memahami kata, kalimat dan wacana sederhana dengan
cara membaca lancar
|
4.7 Menggunakan oca’ bilangan
|
V
/ 1
|
Disajikan
kaimat rumpang, siswa dapat menentukan oca’ banto bilangan dari kata benda
yang tersedia untuk melengkapi kalimat
|
12
|
4.7 Menggunakan oca’ bilangan
|
V
/ 1
|
Siswa
dapat menentukan kalimat yang berisi kata bilangan ( oca’ bilangan ) pada
sebuah paragraf yang tersedia
|
13
|
||
4.8 Menulis latin dengan menggunakan oca’ lako
|
V
/ 1
|
Disajikan
sebuah kalimat, siswa menentukan kata kerja, ( oca’ lako ), dalam kalimat
yang tersedia
|
14
|
||
4.8 Menggunakan vtingkatan bahasa ( ondhagga
basa ) madura tentang kata kerja ( oca’ lako )
|
V
/ 1
|
Disajikan
sebuah kalimat “ enja’ iye “ yang berisi kata kerja ( oca’ lako ), siswa
dapat menentukan basa enggi buntenna dari kata kerja tersebut
|
15
|
||
9
|
7. Memahami teks bacaan dengan membaca memindai
|
7.1Menjawab /
membuat pertanyaan tentang kerajinan, misalnya batek madura
|
V
/ 2
|
Disajikan
sebuah paragraf bertema “ kerajinan “ misalnya, batek madura, siswa dapat
menentukan jawaban yang benar berdasarkan pertanyaan pada paragraf yang
tersedia
|
16
|
10
|
8. Mengungkapkan ide,
pikiran pendapat dan perasaan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan,
oca’ oba’an, menulis carakan dan macapat
|
8.1 Mengapresiasi / mengartikan oca’bangsalan
|
V
/ 2
|
Disajikan
sebuah kalimat yang mengandung oca’ bangsalan, siswa dapat menentukan tegessa
/ panebbussa oca’ bangsalan terssebut
|
17
|
8.2 Menulis oca’oba’an dalam kalimat
|
V
/ 2
|
Disajikan
sebuah kalimat yang belum lengkap, siswa dapat menentukan oca’ oba’an yang
benar untuk melengkapi kalimat tersebut
|
18
|
||
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
|
|
8.3 Mampu memahami isi syair tembang macapat
|
V
/ 2
|
Disajikan
sebuah tembang macapat, siswa dapat menentukan isi dari tembang macapat
tersebut
|
19
|
11
|
2.
Mengungkapkan
pikiran, pendapat dan perasaan dengan menggunakan ondhagga bahasa
|
2.1 Melakukan percapakan yang berisi
identifikasi suatu hal dengan menggunakan tingkatan bahasa ( ondhagga basa )
|
VI /
1
|
Disajikan
sebuahercapakan yang rumpang, siswa dapat melengkapi percapakan tersebut
dengan kalimat yang menggunakan tingkatan bahasa (ondhagga basa ) dengan
benar
|
20
|
|
3.
Memahami
struktur Mengungkapkan kalimat tentang kalimat sempurna dan kalimat tidak
sempurna ( okara majjha) , kalimat berita, kalimat tanya, kalimat perintah,
kaimat pujian, kalimat ajakan dan saloka
|
3.1 Membandingkan isi kalimat sempurna,
kalimat tidak sempurna dan kalimat sederhana di dalam wacana yang dibaca
secara intensif
|
VI /
1
|
Disajikan
beberapa kalimat sempurna dan tidak sempurna, siswa dapat menentukan kalimat
yang tidak sempurna
|
21
|
2.2 Mengidentifikasi kalimat berita, kalimat
tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan dan saloka
|
VI /
1
|
Disajikan
4 ( empat kalimat, siswa dapat menentukan kalimat ajakan
|
22
|
||
3.2 Mengidentifikasi kalimat berita, kalimat
tanya, kalimat perintah, kalimat pujian, kalimat ajakan, dan saloka
|
VI /
1
|
Siswa
dapat menentukan kalimat saloka berdasarkan ilustrasi yang disajikan
|
23
|
||
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
13
|
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis
pidato, bangsalan, menulis carakan madura
|
4.1 Menulis prosa ( gancaran ) dengan
memperhatikan pilihan kata yang tepat
|
VI /
1
|
Disajikan
sebuah paragraf yang rumpang, siswa dapat melengkapi paragraf tersebut dengan
kalimat yang benar
|
24
|
4.1 Menulis prosa ( gancaran ) dengan
memperhatikan pilihan kata yang tepat
|
VI /
1
|
Disajikan
4 ( empat ) kalimat acak, siswa dapat mengurutkannya sehingga menjadi
paragraf yang padu
|
25
|
||
4.1 Menulis prosa ( gancaran ) dengan
memperhatikan pilihan kata yang tepat
|
VI /
1
|
Disajikan
4 ( empat ) kalimat secara acak, , siswa dapat mengurutkan kalimat dengan
benar
|
26
|
||
4.1 Menulis teks pidato sesuai dengan tema
|
VI /
1
|
Disajikan
teks pidato, siswa dapat menentukan tema pidato tersebut
|
27
|
||
4.1 Menulis kalimat yang berisi bangsalan
|
VI /
1
|
Siswa
dapat menentukan bangsalan sesuai dengan ilustrasi yang disajikan
|
28
|
||
14
|
7.
Memahami isi bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kalimat tunggal dan
kalimat majemuk
|
7.1 Menggunakan kata yang bersinonim /
berantonim dalam kalimat
|
VI /
2
|
Disajikan
sebuah kaimat, siswa dapat menentukan antonim salah satu kata yang terdapat
di dalam kalimat tersebut
|
29
|
7.1 Menggunakan kata yang bersinonim /
berantonim dalam kalimat
|
VI /
2
|
Disajikan
sebuah kalimat, Siswa dapat menentukan sinonim salah satu kata yang terdapat
di dalam kalimat
|
30
|
||
7.1Mengidentifikasi
kalimat tiunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan
|
VI /
2
|
Siswa
dapat menentukan kalimat majemuk ( okara rampet otaba okara rangke’ dalam
teks bacaan yang tersedia
|
31
|
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
15
|
8. Mengungkapkan ide, gagasan, pendapat, pengalaman dan perasaan
dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis carakan
|
8.1 Menulis wacana sesuai dengan tema
|
VI / 2
|
Disajikan
teks 1 ( satu ) paragraf, siswa dapat menentukan pertanyaan sesuai dengan
tema
|
32
|
8.2 Menulis carakan pasanganna aksara raja (
ta, ka, ba, dan ca )
|
VI / 2
|
Disajikan
4 ( empat ) kalimat, siswa dapat menentukan kalimat carakan yang menggunakan
pasanganna aksara raja ( ta, ka, ba atau ca )
|
2533
|
||
8.2 Menulis carakan pasanganna aksara raja (
ta, ka, ba, dan ca )
|
VI / 2
|
Siswa
dapat menentukan tulisan latin pada kalimat carakan yang menggukanan
pasanganna aksara raja ( ta, ka, ba atau ca )
|
34
|
||
8.3 Menggunakan kata, kalimat serta ejaan dan
tanda baca dalam berbagai macam tulisan
|
VI /
2
|
Siswa
dapat menentukan kalimat yang menggunakan huruf kapital yang benar
|
35
|
||
16
|
2.
Memahami dan menggunakan ca’oca’ pangalem, oca’ tandhuk, oca’ se andi’ arte
paleng, dan oca’ rangkep dalam kalimat dan melagukan karya sastra madura
|
2.1 Menggunakan kata “ pangalem “
|
IV
/ 1
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan menggunakan “ oca’ pangalem “ yang benar
|
36
|
17
|
8.
Menulis surat undangan, kerata basa, kata depan, ( oca’ lantaran), carakan
dan homonim
|
8.4 Menulis kata depan ( oca’ lantara), dengan
benar dalam kalimat
|
IV
/ 2
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata depan ( oca’ lantaran )
|
37
|
19
|
7.
Memahami teks bacaan dengan membaca memindai
|
7.3 Mengidentifikasi kata berakhiran –na dan
–a ( panoteng –na ban –a) dalam bacaan
|
V
/ 2
|
Siswa
dapat menulis kata yang berakhiran –na atau-a (panoteng) –na otaba –a)
didalam kalimat
|
39
|
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
20
|
8.Mengungkapkan
ide, pikiran, pendapat dan perasaan dalam bentuk kalimat yang berisi
bangsalan, oca’ oba’an, menulis carakan dan macapat
|
8.2 Menulis
carakan madura dengan menggunakan huruf besar ( ka, ta, nya, ga , ban ba )
|
V
/ 2
|
Siswa
dapat menulis kalimat dengan menggunakan huruf besar carakan ka, ta, nya, ga
atau ba
|
40
|
|
|
8.3 Melagukan
lambang macapat yang ditulis
|
V
/ 2
|
Siswa
dapat menulis arti dari salah satu jenis tembang
|
41
|
21
|
1.
Memahami wacana
yang didengar
|
1.2Menjawab
pertanyaan sesuai dengan isi wacana
|
VI / 1
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat dengan kata tanya yang tepat
|
42
|
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis
pidato, bangsalan, menulis carakan madura
|
4.3Menulis
kalimat yang berisi bangsalan
|
VI /
1
|
Siswa
dapat melengkapi kalimat rumpang dengan “oca’ bangsalan” yang benar
|
43
|
|
23
|
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis
pidato, bangsalan, menulis carakan madura
|
4.1 Menulis
carakan “ pasanganna aksara raja “ ( na, sa, pa, ka )
|
VI /
2
|
Siswa
dapat menulis aksara latenna oca’ carakan se ngangguy pasanganna aksara raja
( na, sa, pa, otaba ka )
|
44
|
24
|
7.
Memahami isi
bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kalimat tunggal dan kalimat majemuk
|
7.2Mengidentifikasi
kalimat tunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan
|
VI /
2
|
Disajikan
teks bacaan, siswa dapat menuliskan jenis “okara dhangke’ “ yang disajikan
|
45
|
25
|
1.
Memahami isi
wacana prosa persuasi
|
1.3Mengartikan
kata-kata bermakna konotatif dan denotatif
|
IV
/ 1
|
Disajikan
sebuah kata, siswa dapat menuliskan kalimat bermakna konotatif dan denotatif
|
46
|
No.
Urut
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi
Dasar
|
Kelas
/ Smt
|
Indikator
|
No.
Soal
|
26
|
8. Mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan
perasaan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan, oca’ oba’an, menulis
carakan dan macapat
|
8.1 Menulis
kalimat yang mengandung bangsalan
|
V
/ 2
|
Disajikan4
( empat ) oca’ bangsalan, siswa dapat menuliskan 4 ( empat ) kalimat
berdasarkan oca’ bangsalan tersebut
|
47
|
27
|
6. Mengungkapkan ide, pikiran, pendapat dan
perasaan secara lisan dengan menggunakan ondhagga basa
|
6.2 Melakukan
percakapan yang berisi pernyataan penawaran bantuan pada orang lain sesuai
dengan ondhagga basa madura
|
V
/ 2
|
Siswa
dapat menulis teks percapakan untuk 2 ( dua ) pelaku sebanyak 4 ( empat )
kalimat tentang penawaran bantuan kepada orang lain sesuai dengan ondhagga
basa madura
|
48
|
28
|
7.
Memahami isi
bacaan yang mengandung sinonim, antonim, kamimat tunggal dan kalimat majemuk
|
7.2
Mengidentifikasi kalimat tunggal dan kalimat majemuk dalam bacaan
|
VI /2
|
Disajikan
2( dua ) oca’ penyambung, Siswa dapat menulis kalimat, okara rangke’ dengan
menggunakan kata sambung ( oca’ penyambung ) tersebut
|
49
|
29
|
8. Mengungkapkan ide, gagasan pendapat, pengalaman dan perasaan
dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis carakan
|
8.2 Menulis
carakan pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba, atau ca )
|
VI /
2
|
Disajikan
4 ( empat ) okara carakan madura yang masing-masing okara menggunakan
pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba atau ca ) siswa dapat
menulis okara tersebut dengan huruf lain
|
50
|
KISI
– KISI SEKOLAH ( US ) SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH
TAHUN
PELAJARAN 2012 / 2013
MATA
PELAJARAN : BAHASAN MADURA ( PRAKTIK
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
1
|
2. Memahami dan menggunakan ca’ oca’ pangalem,
oca’ tondhuk, oca’ se andi’ arte paleng, dan oca’ rangkep dalam kalimat dan
melagunakan karya sastra madura
|
2.5 Melagukan
syair Madura
|
IV
/ 1
|
Disajikan
sebuah syair madura, siswa dapat melagukannya di depan kelas dengan benar
|
1
|
2
|
5.
Memahami wacana prosa / narasi tentang tokoh pendidikan daerah dan cerita
rakyat
|
5.1
Menuliskan hal-hal penting / pokok yang berhubungan dengan wacana
|
IV
/ 2
|
Guru
membacakan sebuah dongeng / memperdengarkan melalui elektronik, siswa dapat
menceritakan kembali isi dongeng dengan bahasanya sendiri
|
2
|
3
|
8.
Menulis surat
undangan, kerata basa, kata depan ( oca’ lantaran), carakan madura, dan
homonim
|
8.1 Menulis
surat undangan dengan benar
|
IV
/2
|
Siswa
dapat menulis surat undangan pelepasan siswa kelas VI dengan benar
|
3
|
4
|
5. Memahami wacana prosa narasi tentang tokoh pendidikan daerah
dan cerita rakyat
|
5.1Menceritakan
kembali isi wacana secara lisan / tulisan
|
V
/ 2
|
Disajikan
4 ( empat ) gambar tentang membatik, siswa dapat menceritakan gambar tersebut
dengan bahasanya sendiri
|
4
|
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
5
|
8. Mengungkapkan ide pikiran, pendapat dan
perasan dalam bentuk kalimat yang berisi bangsalan, oca’oba’an, menulis
carakan dan macapat
|
8.1 melagukan
tembang macapat yang ditulis
|
V
/ 2
|
Siswa
dapat melagukan dengan baik salah satu tembang macapat ( kenante, pucung,
maskubambang, kasmaran, dsb ) yang telah tersedia
|
5
|
6
|
4.
Mengungkapkan ide pikiran, perasaan dalam bentuk prosa, menulis pidato,
bangsalan, menulis carakan madura
|
4.2 Menulis
pidato
|
VI / 1
|
Siswa
dapat menulis teks pidato bertema kesehatan lingkungan dengan menggunakan
bahasa enggi bunten yang benar
|
6
|
7
|
5.
Memahami
puisi madura dan macapat
|
5.3Membaca
puisi
|
VI
/2
|
Siswa
dapat membacakan salah satu puisi yang dipilihnya dari 3 ( tiga ) puisi yang
tersedia dengan lafal, intonasi dan ekspresi yang benar
|
7
|
8
|
6. Mengungkapkan pikiran, pendapat , pengalaman dan perasaan
dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis caraka
|
6.2Melakukan
percakapan yang berisi pernyataan penawaran bantuan pada orang lain sesuai
dengan ondhagga basa madura
|
VI /
2
|
Disajikan
teks percakapan yang menngunakan bahasa enggi bunten, siswa dapat melakukan
percakapan bersama pasangannya dengan benar
|
8
|
9
|
8. Mengungkapkan ide, gagasan, pendapat , pengalaman dan perasaan
dengan menggunakan ondhagga basa dan menulis caraka
|
8.1Menulis
wacana sesuai dengan tema
|
VI /
2
|
Disajikan
3 ( tiga ) judul cerita bertema pendidikan, siswa dapat menulis cerita dengan
benar sesuai dengan judul cerita yang dipilihnya
|
9
|
No. Urut
|
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Kelas / Smt
|
Indikator
|
No. Soal
|
|
|
8.2Menulis
carakan madura pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba, dan ca )
|
VI /
2
|
Disajikan
sebuah paragraf berisi 4 ( empat ) kalimat carakan yang didalamnya terdapat
pasanganna aksara raja ( na, sa, pa, ka, ta, ga, ba, otaba ca ), siswa dapat
menulis paragraf tersebut dengan aksara latin
|
10
|
0 komentar:
Posting Komentar